DIDUGA PROYEK SILUMAN, BEBERAPA PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA JAMBEWANGI DIBANGUN TANPA PAPAN INFORMASI

Uncategorized

Blitar, MHI- Pembangunan proyek rabat jalan di desa Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar diduga menjadi proyek siluman karena proyek terselesaikan tanpa terpasang papan informasi. Pemasangan papan informasi padahal menjadi hal yang sangat penting dalam keterbukaan informasi publik seperti yang tercantum dalam Undang Undang Keterbukaan Publik Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 yeng mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan informasi proyek.

Pembangunan rabat jalan telah rampung namun hingga kini papan infromasi belum terpasang. Pembangunan ini merupakan wujud alokasi dari BKK Tahun 2020 dan pembangunan dilanjutkan menggunakan Dana Desa Tahun 2021. Semestinya, sebelum dan saat dimulainya pekerjaan, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) harusnya memasang papan informasi proyek agar pengawas lapangan dari Instansi terkait dan juga seluruh masyarakat mengetahui dan bisa memonitoring pekerjaan tersebut  sehingga jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan dapat diketahui.

Riska Widiastutik , SE. selaku Kepala Desa Jambewangi saat ditemui oleh Tim Monitor Hukum Indonesia untuk klarifikasi masalah tersebut mengatakan bahwa papan informasi proyek sudah ada namun belum terpasang.Disisi lain, saat keberadaan papan informasi proyek tersebut dipertanyakan kepada Kasi Perencanaan kenyataannya prasasti belum dibuat.

Tak hanya itu, pembangunan saluran irigasi yang anggarannya bersumber dari Dana Desa Tahun 2021 diketahui rampung pengerjaannya pada bulan Oktober 2021 tersebut juga dikerjakan tanpa adanya papan informasi proyek.Pihak aparat hukum diharapkan dapat segera menindaklanjuti temuan yang termasuk dalam pembohongan publik. (Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *