Gunakan Pakaian Kejawen, Kapolres Tulungagung Hadiri Bersih Nagari Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke – 816

Uncategorized

TULUNAGUNG, MHI- Peringati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke- 816, Pemerintah Kabupaten menggelar tradisi Bersih Nagari bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis, (18/11/2021).

Hadir dalam acara Bersih Nagari yakni Bupati Tulungagung Drs. MARYOTO BIROWO, M.M., Kapolres Tulungagung AKBP HANDONO SUBIAKTO, S.H., S.I.K., M.H.,Dandim 0807 Tulungagung LETKOL INF YOKI MALINTON KURNIAFARI, S.H., M.Tr (Han), M.I.Pol., Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung MARSONO, S.Sos., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung MUJIARTO, S.H., M.H., Wakil Bupati Tulungagung H.GATUT SUNU WIBOWO.SE, Sekda Kabupaten Tulungagung Drs. SUKAJI, M. Si., Kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung, Rektor Universitas se-Kab. Tulungagung, Camat se Kab Tulungagung, Kepala BUMN se Kab Tulungagung, Ormas Islam Dan Undangan lain.

Saat menghadiri tradisi tersebut Kapolres Tulungagung yang Sarimbit dengan Ibu Nina Handono bersama undangan lainnya menggunakan pakaian kejawen.

Acara Bersih Nagari dimulai Tim kirab masuk halaman pendopo disusul buceng lanang dan buceng wadon, disusul Pataka membawa Panji diterima Ketua DPRD diserahkan ke Bupati.

Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Bhirowo mengatakan, pelaksanaan upacara bersih nagari itu merupakan sebuah tradisi yang dilakukan di HUT Tulungagung.

Hari lahir Tulungagung dihitung berdasarkan Prasasti Lawadan,” katanya.

Bupati Maryoto memenambahkan, di HUT Kabupaten Tulungagung yang ke- 816 kedepannya pihaknya akan memprioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur, dan tempat prasarana sosial.

Terus terang saja musim penghujan jalan-jalan banyak yang rusak,” imbuhnya.

Selain itu, Bupati menyatakan, capaian yang dapat dilihat di HUT Tulungagung kali ini, adalah sistem pemerintahan yang lebih tertata.

Di desa-desa sudah tidak ada perbedaan yang mencolok, antara desa dan perkotaan,” terangnya.

Sementara itu dalam sebuah video yang berdurasi kurang lebih 1 menit, Kapolres Tulungagung AKBP Handono mengucapkan selamat Hari jadi Kabupaten Tulungagung.

Saya Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan hari jadi kabupaten tulungagung ke 816, dengan semangat hari jadi ke 816 mari kita satukan tekad untuk menghadapi covid 19 demi tulungagung yang tangguh dan sehat, ayem, tentrem, mulyo lan tinoto”, ucap Kapolres Tulungagung.

Acara yang berlangsung kurang dari dua jam tersebut untuk tamu undangan dibatasi. Hal itu sebagai salah satu upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

Namun demikian tidak mengurangi kesakralan dalam tradisi Bersih Nagari dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke – 816 (NN95 – HUM RESTU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *