TERNYATA, SUAMI ISTRI DIPERBOLEHKAN BEDA KK

Uncategorized

Blitar, MHI– Ternyata, pasangan suami istri diperbolehkan membuat Kartu Keluarga (KK) secara terpisah.

Hal tersebut dijelaskan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui Adi S. selaku Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk.

Memang diperbolehkan pasangan suami istri beda Kartu Keluarga, karena di dalam Permendagri nomor 118 tahun 2019 tidak dijelaskan aturan yang mengharuskan suami istri harus dalam satu Kartu Keluarga“.

Apabila nanti lahir anak, anak bisa diikutkan di dalam KK bapak atau ibunya, dalam penerbitan KK tersebut dan pembuatan akte anak nanti harus melampirkan surat nikah orang tuanya “,lanjut Adi.

Imam Safi’i selaku Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar menambahkan, jika banyak masyarakat yang masih berstatus suami istri membuat KK sendiri-sendiri.
Malah kadang juga ada yang sudah dalam satu KK dan masih status suami istri mengurus pecah KK dikarenakan urusan pekerjaan, hal tersebut memang diperbolehkan“.

Kalau untuk yang baru menikah memang diharuskan untuk segera memperparui atau merubah statusny, dari yang belum nikah menjadi sudah nikah,tapi tidak diharuskan dalam satu KK “,tambahnya. (TEAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *