Bersama Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukan RI, Kantor Imigrasi Serang Adakan Penguatan Pembinaan Pegawai

Uncategorized

SERANG, MHI- Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang melaksanakan kegiatan Pembinaan Pegawai Dalam Rangka Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM Bersama Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukan RI dan dihadiri oleh Seluruh pegawai dan PPNPN yang sedang WFO. Jumat (15/10/2021)

Bertempat di Ruang Pelayanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Kegiatan Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM Bersama Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukam RI bertemakan “Pengendalian Gratifikasi Dalam Pelayanan Publik”

Dalam sambutannya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Victor Manurung menyampaikan selamat datang kepada Tim dari Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukam RI dan Tim MAPI Saber Pungli yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Victor Manurung, juga menyampaikan paparan singkat mengenai Profil Kantor dan inovasi layanan yang ada pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang.

Dalam kesempatan ini, kami meminta kepada Tim untuk dapat memberikan penguatan kepada Seluruh Pegawai dan PPNPN agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat menghindari praktek pungli dan KKN,” kata Victor Manurung

Sementara itu, Kolonel CHK Berty Sumakud, S.H., M.H., Anggota Pokja Pencegahan Satgas Saber Pungli Kemenkopolhukam RI menyampaikan bahwa Pungutan liar atau disebut Pungli adalah pengenaan biaya atau pungutan ditempat yang seharusnya tidak ada biaya sehingga dapat diartikan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan praktek kejahatan.

Dirinya menjelaskan, bahwa Saber pungli berlaku terhadap instansi dan lembaga baik pemerintah atau swasta. Hal ini merupakan instruksi dari Presiden. Terhadap masalah pungutan liar maka diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

“Terbentuknya Perpres 87 Tahun 2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli adalah sebagai upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Endang Agustian, S.H., M.H., Dewan Pembina MAPI menyampaikan materi terkait Pelayanan Publik Profesional dan Berintegritas. Dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan bagi peserta untuk tanya-jawab jika masih ada materi yang belum dimengerti.

Diketahui, dalam penutup kegiatan ini dilaksanakan kegiatan pemberian plakat dari Satgas Saber Pungli serta penyematan PIN dari MAPI sebagai tanda menjadi Pelopor Saber Pungli.(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *