PEMDES RINGINANYAR KECAMATAN PONGGOK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA

Uncategorized

Blitar, MHI- Pemerintah Desa Ringinanyar Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar membangun infrastuktur desa dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat  terutama petani.Pemdes Ringinanyar telah mengucurkan dana untuk pembangunan saluran irigasi yang menuju ke persawahan dengan tujuan untuk memudahkan Petani dalam bercocok tanam sehingga nantinya dapat menghasilkan panen yang maksimal dan berkualitas.

Pembangunan saluran irigasi pertama telah dilakukan pada tahun 2020 menggunakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) yang terletak di RT 03 RW 03. Pada tahun ini pembangunan saluran irigasi kembali dilanjutkan dengan alokasi dana APBDes 2021 untuk membangun saluran irigasi sepanjang 80 meter dengan anggaran Rp. 67.000.000 yang terletak di RT 02 RW 01.

Selama proyek berlangsung sudah terpasang papan informasi proyek hal ini dengan tujuan transparansi pengadaan proyek kepada masyarakat desa Ringinanyar sesuai dengan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang papan proyek dan himbauan Covid-19 pun sudah terpasang saat bersamaan waktu pekerjaan dimulai.

Pangat selaku kepala desa Ringinanyar menjelaskan dengan adanya irigasi tersier ini bisa menunjang para petani untuk mengairi persawahan yang ada di sekitar dengan mudah.

” Saluran irigasi ini bermanfaat bagi masyarakat juga dalam pengerjaannya sesuai spesifikasi  yang diperhatikan. saya juga menekankan dulu sebelum memulai agar pembangunan ini dilaksanakan sesuai RAB agar tidak kerja dua kali, dan tidak menghambur hamburkan anggaran yang ada” Papar Kades Pangat

Hingga saat ini hasil proyek pembangunan saluran irigasi ini masih dapat dirasakan masyarakat karena bangunan masih berdiri kokoh. Bangunan dihasilkan dari penggunaan material dengan kwalitas dan mutu yang tinggi sehingga pembangunan saluran irigasi ini telah terselesaikan sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB). (Sutrisno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *