PATUT DIAPESIASI, PEMERINTAH DESA GLEDUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN FISIK DAN PENANGANAN COVID 19

Uncategorized

Blitar, MHI- Bantuan Keuangan Khusus (BKK) merupakan bantuan yang diberikan kepada desa berupa uang yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang peruntukannya dan pengelolaannya ditetapkan oleh pemerintah daerah.Pemerintah Desa Gleduk Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar mengalokasiakan BKK Tahun 2020 untuk pembangunan saluran drainase.

Kholik Mawardi selaku kepala desa gleduk menjelaskan pembangunan saluran drainase berlokasi di Dusun Sidomulyo RT 01 RW 03. Pembangunan ini menghabiskan anggaran Rp.100.000.000 dengan bangunan sepanjang 50 meter.

” Saluran drainase ini menggunakan BKK Tahun 2020 menghabiskan anggaran 100 juta rupiah, tujuan dibangunnya saluran drainase ini untuk mencegah banjir saat musim penghujan” Ungkap Kades Kholik

Pelaksanaan proyek pembangunan saluran drainase di desa Gleduk ini juga melibatkan masyarakat secara langsung agar pemanfaatan anggaran di desa dapat tersentuh langsung oleh masyarakat.Proyek dikerjakan dengan mengedepankan mutu konstruksi dan menggunakan kwalitas material yang bagus.

Pemerintah Desa Gleduk berharap dengan adanya pembangunan saluran drainase ini dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Masyarakat juga diharapkan dapat menjaga dan merawat adanya proyek bangunan tersebut.

Tak hanya itu saja, Pemerintah Desa Gleduk membagikan masker dalam rangka menjalankan anjuran kepada seluruh Kepala Desa di Indonesia untuk  melakukan Gerakan Setengah Miliar Masker Untuk Desa Aman Covid- 19 melalui surat edaran Kemendes. Sesuai dengan teknis dari surat edaran tersebut setiap desa wajib melakukan pengadaan masker kain yang bisa dicuci sebanyak 4 buah untuk setiap warga. Sesuai dengan surat edaran tersebut masker dibagikan sebanyak 2 buah masker diambil dari Dana Desa melalui Bumdes yang diambil dari Bidang 5 sesuai arahan dari pemerintah dan 2 masker dari swadaya masyarakat.

Dalam pelaksanaan  Gerakan Setengah Miliar Masker Untuk Desa Aman Covid- 19 ini pemerintah desa Gleduk dipimpin langsung oleh Kepala Desa dan juga Ibu – ibu TP PKK Desa Gleduk bersama Ketua RT . Pembagian masker tersebut sudah sesuai dengan Edaran Kemendes, setiap warga mendapatkan 4 buah masker untuk setiap warga. (Sutrisno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *