MAPI RIAU Menyapa Masyarakat RIAU Dimasa Pandemik

Uncategorized

Riau, MHI MAPI (Masyarakat Anti Pungli Indonesia) Riau, hari ini kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Khitan Gratis bagi yang membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan dikota Pekanbaru. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Klinik Pratama Dokter Erna. Khitan Gratis kepada 25 orang anak ini dilakukan dalam beberapa waktu yang berbeda(gelombang ke empat dibulan Juni 2021), hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan. Setiap anak yang akan dikhitan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan rapid test covid dan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kegiatan ini berkolaborasi dengan pemuda-pemudi ditanah melayu yang dikenal dengan BJB (Berkah Jumat Berbagi) Pekanbaru.


Bakti sosial kegiatan Khitan gratis ini sebagai bagian dari pengabdian dan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat dimasa pandemic. Tidak bisa dipungkiri, dampak langsung dari pandemic Covid 19 ini terhadap pendapatan masyarakat akibat terhentinya aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat.


Tak hanya konsisten dalam sosialisasi pencegahan pungli (pungutan liar) disetiap lapisan birokrasi dan masyarakat, MAPI juga tetap berusaha konsisten melaksanakan kegiatan peduli dalam program kerja pengabdian masyarakat, dengan menyapa dan melebur langsung bersama masyarakat untuk menciptakan lingkungan bebas pungli.

Sehingga masyarakat mengenal MAPI lebih dekat, mengerti tentang pungli, dan tak sungkan atau merasa takut jika memberikan laporan terhadap Tindakan pungli yang mereka ketahui bahkan yang mereka alami. Ketakutan masyarakat dalam melapor Tindakan pungli, menjadi fenomena gunung es, artinya kecilnya data pungli yang terlapor tidak sebanding dengan kejadian dilapangan sebagai fakta.


Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dibentuk terkait maraknya kegiatan pungutan liar yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara, atas landasan tersebut, beberapa teman pengusaha yang terpanggil hatinya sebagai penggiat anti pungli yang dikomandoi oleh Letkol CPM Endang Agustian (Dewan Pembina MAPI) membentuk Yayasan yang dinamai MAPI (Masyarakat Anti Pungli Indonesia) yang direspon positif oleh Satgas Saber Pungli. MAPI juga diberikan kepercayaan sebagai kelompok kerja (pokja) yang ada didaerah untuk membantu mengungkap praktek pungli diberbagai bidang. MAPI merupakan underbow Satgas Saber Pungli RI, mengajak masyarakat untuk memberikan laporan Tindakan pungli dengan kemanan pelapor pasti terjaga ke Email:mapisaberpungliindonesia@gmail.com atau Hotline: 0822-1433-8883.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *