MAPI Saber Pungli Gandeng BPN Ciptakan Zona Integritas Bebas Pungli di Sultra

Uncategorized

SULTRA, MHI– Dalam rangka sosialisasi dan evaluasi PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tanpa PUNGLI.

Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI) Saber Pungli bekerja sama dengan BPN Sultra menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL), Jumat (18/6/2021).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari tersebut turut dihadiri oleh Dewan Pembina MAPI (Letkol CPM Endang Agustian), Ketua Umum MAPI pusat (DEDY) beserta jajarannya dan juga Kakanwil BPN Sultra, serta kepala kantor BPN se-Sultra.

Dewan Pengawas MAPI Saber Pungli,Budi Suryo Santoso mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan untuk menciptakan zona integritas bebas korupsi di wilayah Sultra.

“Tentunya kami bekerja sama dengan BPN Sultra dalam rangka menciptakan kualitas pelayanan publik yang baik demi terciptanya zona integritas bebas korupsi,” katanya.

Terkait indikasi adanya kasus pungli di Sultra, Ketua MAPI masih enggan memberikan komentarnya.

“Untuk saat ini kami masih perlu melakukan sosialisasi terlebih dahulu, kalau terkait kasus pungli kami masih belum bisa publikasikan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, MAPI Saber Pungli merupakan satu-satunya lembaga resmi yang memiliki MoU dengan Kasatgas Saber Pungli (Irwasum Mabes Polri) yang bertugas untuk melakukan pengawasan Pungli di Pelayanan Publik dan Non Publik.

“MAPI Saber Pungli ini lahir dari Perpres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, dan berbicara tentang pungli bukan hanya soal besar-kecilnya, tapi ini persoalan yang harus kita selesaikan. Jadi bukan masalah urusan sepuluh ribu, tapi pungli telah membuat masyarakat kita susah untuk mengurus sesuatu,” tambahnya.

Sementara itu, Kakanwil BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono mengatakan, pihaknya akan berafiliasi dengan MAPI Saber Pungli untuk bersama menciptakan wilayah Sultra bebas PUNGLI.

Tentunya kita akan sama-sama berafiliasi demi terciptanya zona integritas wilayah Sultra bebas PUNGLI,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *