PEMERINTAH KOTA BLITAR PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

Uncategorized

BLITAR, MHI- Pemerintah Kota Blitar kembali  rayakan Hari Lahir Pancasila.Peringatan Lahirnya Pancasila pada tahun 2021 ini mengusung tema “MELALUI PANCASILA INDONESIA TANGGUH” . Kegiatan diawali dengan Upacara di Halaman Istana Gebang yang diadakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid 19 yang di gelar pada Selasa, (01/06/2021)

Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd.  memimpin upacara Hari Lahir Pancasila. Peserta upacara juga dibatasi hanya diikuti pejabat Forpimda Kota Blitar,Pejabat Pejabat Kota Blitar, Kepala Kepala Dinas dan seluruh peserta upacara di wajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

Upacara hari Lahirnya Pancasila ini di selenggarakan di istana gebang, mengenang kembali serta kita  berharap aura dari Bung Karno sebagai penggagas Lahirnya Pancasila pada tanggal 01 Juni bisa membias kepada seluruh masyarakat kota Blitar khususnya dan seluruh bangsa Indonesia, Presiden Joko Widodo juga melaksanakan upacara di Istana Merdeka secara virtual yang diikuti oleh Seluruh Gurbernur, Bupati, Walikota, MPR, DPR” Ungkap Walikota Santoso

“ Tema upacara kali ini MELALUI PANCASILA INDONESIA TANGGUH  yang memiliki makna seluruh Bangsa Indonesia Khususnya masyarakat Kota Blitar tiap gerak dan langkah segala tindakan selalu di ilhami oleh butir butir Pancasila, jadi Pancasila tidak sekedar di ucapkan tapi di terapkan dalam kehidupan sehari- hari karena yang dirumuskan oleh bung karno merupakan intisari dari pada masyarakat Indoensia berbangsa dan bernegara yan telah di pandu oleh pancasila mulai sila pertama hingga sila kelima” Jelasnya

Rangkaian peringatan hari lahirnya pancasila diawali dengan upacara, kemudian dilakukan kenduri pancasila. Kegiatan dilakukan dengan sederhana karena masih dalam masa pandemi namun tidak mengurangi makna dari Lahirnya Pancasila.

” Dalam rangkaiannya semoga kita semua mendapat perlindungan AllaH SWT oleh karena itulah diselenggarakan istilahnya kenduri pancasila kalau dulu kita adakan selametan seribu tumpeng karena kondisi pelaksanaannya dalam masa pandemi covid 19 diadakan dengan lebih sederhana tetapi tidak mengurangi makna selamatan kenduri tumpeng ini untuk memohon seluruh warga kota Blitar dijauhkan dari bencana dan pandemi dan segera sirna” Harap Walikota Santoso. (Sutrisno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *