Personel Yonif 511/DY Menerima Pembekalan Keselamatan Kerja Helikopter Pada Penugasan Operasi RI-Malaysia

Uncategorized

Blitar, MHI,- Untuk mendukung pelaksanaan tugas operasi di perbatasan RI-Malaysia, sebanyak 200 orang prajurit Yonif 511/DY menerima pembekalan keselamatan kerja helikopter TNI AD dari Puspenerbad bertempat di Yonif 511/DY Jl. Maluku No.14 Kota Blitar. Jum’at (29/05/2021).

Pembekalan dilaksanakan selama 2 hari. Materi teori bertempat di Aula Graha Bhakti dan materi praktek bertempat di lapangan apel Yonif 511/DY. Prajurit yang akan melaksanakan tugas di perbatasan RI-Malaysia sangat serius untuk menerima materi pembekalan.

Pembekalan ini dipimpin langsung oleh tim dari Sopsad beserta 4 orang stafnya yang diketuai oleh Letkol Cpn Lutvi Haris Wijaya menjelaskan beberapa materi tambahan diantaranya pengetahuan tentang helikopter, pengetahuan tentang helipad, perlengkapan helipad, tanda-tanda pada tempat pendaratan helikopter, ketentuan lain tempat pendaratan helikopter, tahapan area aman masuk dan keluar helikopter, cara mendekati dan masuk helikopter, selama di dalam helikopter, keadaan darurat (mendarat darurat), teknik pendaratan dan cara turun helikopter serta alkom helikopter.

Pada umumnya pembekalan keleselamatan kerja Alutsista helikopter ini bertujuan untuk mendukung pendistribusian logistik, juga digunakan untuk droping obat-obatan, evakuasi dan serpas di pos-pos yang tidak bisa dilalui oleh jalur darat dan air.

Letkol Inf A. Wakhid Dedy Setyawan S.I.P dalam sambutannya saya selaku Danyonif 511/DY sangat mengapresiasi dengan adanya pembekalan keselamatan kerja helikopter yang nantinya sangat berguna di daerah penugasan RI-Malaysia yang rata-rata pendistribusian logistik hanya bisa di dorong melalui udara.

”Saya berharap kepada para prajurit yang sedang melaksanakan pembekalan agar benar-benar memahami dan melaksanakan materi ini dengan sungguh-sungguh dan harus benar-benar faham serta ikuti SOP yang ada agar nantinya pada saat dihadapkan dengan medan sebenarnya sehingga tidak terjadi kesalahan”, tegas Danyon.

Pembekalan keselamatan kerja Alutsista helikopter bertujuan untuk mendukung tugas Yonif 511/DY yang akan melaksanakan Satgas Pamtas RI- Malaysia di wilayah Kaltim karena ada beberapa pos pamtas tidak bisa dilalui menggunakan jalur darat dan air sehingga harus menggunakan jalur udara. Anggota pos udara bisa mampu sebagai pemandu udara apabila ada logistik atau evakuasi pasukan yang melibatkan datangnya helikopter.

Dalam pelaksanaan pembekalan di dalam dan luar ruangan, tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu tetap menggunakan masker, menjaga jarak (sosial distancing) dan mencuci tangan dengan sabun. (RET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *