DIDUGA IZIN BELUM LENGKAP SPBU INDOMOBIL NEKAT BEROPERASI

Uncategorized

Blitar, MHI – Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Indo Mobil di wilayah Blitar Raya tetap melakukan kegiatan operasional meskipun diduga belum melengkapi proses perizinan yang ditentukan sebagai syarat pendirian jenis usahanya.


Hal ini disampaikan oleh Rully Wahyu selaku Kepala Dinas Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Blitar bahwa PT Indomobil Prima Energi telah mencatatkan perizinan awal pada online single submission (OSS) tanggal 15 Juli 2020 dan telah mendapat nomor induk berusaha (NIB) yang berlaku sebagai tanda daftar perusahaan dan berlaku juga untuk penanaman modal.


‘’Kemudian dari OSS juga mendapatkan beberapa lampiran seperti izin
lingkungan, surat izin usaha perdagangan (SIUP), sertifikat laik fungsi (SLF) dan izin mendirikan bangunan (IMB) belum berlaku efektif dan beberapa izin ini harusnya dilakukan pemenuhan komitmen,’’ ujar Rully Wahyu.


Terkait beberapa perizinan yang belum lengkap dinas KPTSP Kabupaten Blitar sudah mengingatkan kepada pihak pengusaha untuk segera mencukupi komitmen sesuai yang ada di sistem OSS dan apabila perizinan belum tercukupi seharusnya tidak diperbolehkan untuk beroperasional.
Mengenai sanksi dari dinas KPTSP hanya pada ranah batasan reminder atau mengingatkan kepada pelaku usaha dan dalam hal ini telah mengirimkan surat kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blitar selaku instansi yang berhak melakukan penindakan.


Ditemui pada tempat terpisah Rustin Tri Setyobudi selaku Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar mengatakan sudah sampai dengan dua kali memanggil pihak SPBU Indomobil dengan upaya mendorong upaya perizinan dan apabila tidak menghiraukan himbauan sesuai aturan peraturan daerah (Perda) maka dari pihak Satpol PP akan melakukan tindakan tegas.


‘’Ada aturan berdasakan perbup dan teknisnya sampai penutupan bukan berarti setelah dipanggil langsung penutupan tempat dalam hal ini merupakan kerja tim bukan hanya Satpol PP termasuk juga dari pihak dinas perizinan dan dalam waktu dekat akan dilakukan pemanggilan kembali pelaku usaha,’’. Tegas Kasatpol Pamong Praja.


Perlu diketahui di wilayah Kabupaten Blitar terdapat sembilan tempat SPBU Indomobil tersebar di beberapa tempat diantaranya Kuningan (Kanigoro), Jajar (Talun), Kalipang (Sutojayan),Ploso (Selopuro), Tegalrejo (Selopuro), Bendo (Ponggok), Ringinanom (Udanawu),Jeblog (Talun),Tawangrejo (Wonodadi). (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *